Diberdayakan oleh Blogger.

Welcome to my blog have a nice day ^^

Perjuangan Masih Panjang

Kemenangan TimNas Indonesia menghadapi TimNas Turkmenistan dengan agregat 5-4 dalam pra piala dunia 2014 di Brazil patut diberi apresiasi dan sanjungan. Namun, sekiranya kita tidak boleh terlalu terbuai dengan kemenangan ini, karena jalan yang harus di lalui TimNas Indonesia ke laga impian masih perlu perjuangan, pengorbanan, dan do'a dari semua kalangan.
Kita tentu masih ingat dengan peristiwa piala AFF, Indonesia sangat perkasa di group A, dan berhasil masuk ke final bersama dengan Malaysia. Euforia kemenangan begitu terasa hingga dianggap terlalu berlebihan. Banyak faktor yang menyebabkan kekalahan Indonesia di Final Piala AFF antara lain banyaknya aktivitas pemain di luar jadwal latihan sehingga mengganggu konsentrasi dalam bertanding, terlalu meremehkan lawan karena faktor kemenangan Indonesia dengan lawan-lawan sebelumnya, dan TimNas Indonesia merasa sudah menjadi juara ketika berhasil mengalahkan TimNas Thailand yang notabene menjadi momok bagi Indonesia.
Dari pengalaman yang sudah terjadi, kita bisa mengambil sebuah hikmah dan pelajaran, bahwa kita tidak boleh terlalu terbuai dengan sebuah kemenangan ketika impian masih jauh di angan dan perlu perjuangan keras dalam meraih impian tersebut, hal ini harus disadari oleh TimNas Indonesia serta pendukung-pendukungnya. Kita tidak boleh terlalu senang, namun juga tidak boleh putus asa dan merasa rendah dengan lawan-lawan yang ada karena semua bisa terjadi dalam sepak bola. Dan sepak bola ditambah dengan sportivitas dari pemain maupun pendukung adalah hal yang harus Indonesia tunjukkan kepada Dunia.

By : Dewi Ponco Wati

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar